Powered By Blogger

Sabtu, 22 Januari 2011

madeira international airport


Madeira Airport ( IATA : FNC, ICAO : LPMA), (informal dikenal sebagai Funchal Airport, dan sebelumnya dikenal sebagai Santa Catarina Airport),adalah sebuah bandara internasional yang terletak dekat Funchal , Madeira , Portugal . Bandara mengontrol lalu lintas udara nasional dan internasional dari pulau Madeira. Ini adalah pertama kali dibuka pada tanggal 18 Juli 1964 dengan dua landasan pacu 1.600 m.
Bandara ini pernah terkenal karena landasan pacu yang pendek, dikelilingi oleh pegunungan tinggi dan laut, membuat sebuah pendaratan sulit bahkan untuk yang paling berpengalaman pilot. Landasan yang asli hanya 1600 meter panjangnya, tetapi diperpanjang oleh 200 meter 8 tahun setelah Portugal TAP Penerbangan TP425 kejadian 1977 dan kemudian dibangun kembali pada tahun 2000, hampir dua kali lipat ukuran landasan, bangunan itu di atas lautan. Alih-alih menggunakan TPA, perpanjangan itu dibangun di atas serangkaian 180 kolom, masing-masing sekitar 70m tinggi. Bandara ini juga dianggap sebagai Kai Tak Eropa karena pendekatan tunggal untuk landasan pacu 05. [2] Untuk pembesaran landasan pacu baru Bandara Funchal telah memenangkan Penghargaan Struktur Outstanding [3] , diberikan oleh Asosiasi Internasional untuk Jembatan dan Struktural Rekayasa (IABSE).Penghargaan Struktur Posisi ini dianggap sebagai "Oscar" untuk struktur teknik di seluruh dunia. [4] The History Channel Program Paling Extreme Pelabuhan Udara, peringkat sebagai bandara yang paling berbahaya di dunia 9. [5]


Sejarah


Bandara Madeira resmi dibuka pada tanggal 18 Juli 1964. Penerbangan pertama yang mendarat di sini adalah TAP Air Portugal Lockheed Constellationdengan 80 penumpang.
Pada tahun 1972, popularitas mengunjungi pulau Madeira meningkat, sehingga landasan pacu harus diperpanjang, sebagai pesawat yang lebih besar modern tidak bisa mendarat di atasnya. Keputusan harus dilakukan untuk mencari tahu di mana tempat terbaik untuk landasan pacu akan, dan mereka memutuskan bahwa wilayah di mana landasan pendek itu, adalah tempat terbaik untuk memperpanjang itu, jadi mereka harus entah bagaimana memperpanjang landasan. Sementara itu, terminal baru dibangun di bandara pada tahun 1973, menangani 500.000 penumpang.
Antara 1982 dan 1986, landasan Madeira itu berhasil diperpanjang dengan total 1.800 m, dan juga empat gerbang dibuka.
Pada tahun 2000, landasan pacu sekali lagi telah diperpanjang, dan dibuka pada tanggal 15 September.

Insiden dan Kecelakaan


  • Pada tanggal 5 Maret 1973, sebuah Aviaco Sud Caravelle 10R (Pendaftaran EC-BID) jatuh ke laut selama pendekatan, kehilangan pesawat dan tiga awak.
  • Pada tanggal 19 November 1977, TAP Portugal Penerbangan TP425 , sebuah Boeing 727-200 (Pendaftaran CS-TBR) sedang melakukan perjalanan dari Brussels ke Madeira melalui Lisbon.Setelah berkeliling, pesawat berusaha mendarat dalam kondisi cuaca buruk, yang mendarat di landasan pacu lama 24 (Sekarang landasan pacu 23) dan terjun di sebuah bank curam. Ini kemudian memukul jembatan batu dan sayap kanan robek, dan kemudian menabrak keras ke pantai. Api kemudian pecah, pengaturan turun pesawat. Dari 164 di atas kapal, 131 kehilangan kehidupan mereka.
  • Pada tanggal 18 Desember 1977, sebuah Sud Caravelle 10R (Pendaftaran HB-Ih) telah dibuka untuk pendekatan terhadap landasan pacu 06 (Sekarang landasan pacu 05), tetapi turun di bawah 720 ft menyebabkan pesawat untuk menabrak laut. 36 orang meninggal dari 57 di papan tulis.


0 komentar:

Posting Komentar

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service